Halaman

Rabu, 11 Mei 2016

Ibu Guru Siti Rahmani Rauf, Penulis Buku Belajar Membaca dan Menulis “Ini Budi” Tutup Usia

Obituari: Ibu Guru Siti Rahmani Rauf, Penulis Buku Belajar Membaca dan Menulis 'Ini Budi' Tutup Usia

Photo: http://wijayalabs.com/

Innâ liLlâhi wainnâ ilaiHi râji’ün.... do’a dan duka cita atas kepergian Ibu Guru Hj. Siti Rahmani Rauf. –ghafaraLlâhu lahu wa rahimah–, Penulis sekaligus ilustrator buku pelajaran wajib bahasa Indonesia khususnya kelas 1 s.d 3 SD pada kurun waktu tahun 70’an hingga 90’an, yakni buku ‘Belajar Membaca dan Menulis dengan System Analisa Sintesa (SAS) metode 'Ini Budi, ini ibu Budi ini bapak Budi, ini Wati, Wati kakak Budi' yang sangat fenomenal dan melegenda. Beliau wafat Selasa, 10 Mei 2016 pukul 21.20 WIB dalam usia 97 tahun di kediamannya di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Walau kini Sang Pendidik Siti Rahmani Rauf, pendidik tiga zaman itu telah tiada, jasa beliau dalam turut mencerdaskan anak-anak bangsa tak akan dapat dilupakan. Berkat buku beliau yang mengenalkan bacaan yang amat apik untuk anak Indonesia jutaan anak-anak Indonesia belajar dengan metode membaca dan menulis yang lebih mudah. Meskipun sedikit saja orang yang tahu dan menghargai kontribusi beliau bagi dunia pendidikan Indonesia selama puluhan tahun lamanya namun sejarah tetap akan mencatat dengan tinta emasnya dalam-dalam.

Ilustrasi: http://www.penjualbuku.com/ 

Buku ini digunakan sebagai pegangan belajar membaca di tingkat SD era tahun 1970-an hingga 1900-an. Tak dipungkiri jika kala itu, buku belajar membaca dan menulis 'Ini Budi' begitu melegenda. Hingga kini bila mendengar nama ‘Budi’ orang yang masa-masa SD-nya di kurun tahun tersebut akan teringat dengan buku pelajaran bahasa Indonesia 'ini budi' karangan Allâhyarham Siti Rahmani Rauf. Buku fenomenal yang beliau susun tersebut, kala itu sangat digemari oleh para guru dan murid-murid. Budi sebagai tokoh sentral dalam buku bacaan itu, saat itu mampu menghipnotis para murid untuk rajin belajar dan membaca tanpa bimbingan les tambahan dan dibawah pengawasan orangtua. Dengan wasilah (perantara) buku karya beliau dan tentu dengan kesabaran mendidik guru-guru kita yang hebat, kita jutaan anak bangsa -bi idznillah- telah terbebas dari buta aksara dan tercerahkan wawasan kita. Semua yang belajar membaca dan menulis frase "ini budi" sungguh berhutang budi pada beliau. Semoga karya dan jasamu itu merupakan ilmu yang bermafa’at dan menjadi amal jariyah. Semoga Allâh membalas kebaikan beliau dengan sebaik-baik balasan. Dan, in sya’a Allâh, setiap benih kebaikan yang beliau semai dan tanam menjadi akar yang kuat bagi kehidupan selanjutnya.

Allâhummaghfir lahâ warhamhâ wa'âfihâ wa'fu 'anhâ wa akrim nuzülahâ wawasai' madkhalahâ waj'alil jannata matswâhâ. In sya’a Allâh, Allâh Subhânahu wa Ta’âlâ menerima amal-amal sholih beliau dan mengampuni dosa kesalahan beliau; semoga almarhum wafat dalam keadaan husnul khotimah dan ditempatkan dalam al jannah serta dimuliakan di sisi-Nya.. Âmïn, âmïn ya Rabb al ‘alamïn....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar